Wednesday 13 January 2016

Iran Resmi Larang Rakyatnya Beribadah Umrah ke Mekkah


internasional 10 Januari 2016


971443165185

Hassan Rouhani, Presiden Negara Syiah Iran
Jurnalmuslim.com - Pasca eksekusi mati petinggi Syiah Nimr Al-Nimr, ketegangan hubungan antara Arab Saudi dan Iran kian parah hingga saling memutus kerja sama ekonomi. Menurut Reuters, selain memutus seluruh impor dari Saudi, Iran bahkan melarang rakyatnya untuk melakukan ibadah umrah. (Baca juga:  Lakukan Aksi Terorisme, Saudi Hukum Mati Pendeta Syiah Nimr Al-Nimr).

Hal tersebut disampaikan langsung oleh Presiden Iran, Hassan Rouhani, dalam rapat kabinet pada Kamis (7/1), lansir atjehcyber.net (9/1/2016).

Pemerintah memperkirakan sekitar 600 ribu warga Iran pergi ke Saudi setiap tahunnya untuk melakukan ziarah. Namun kini, beberapa penerbangan antara kedua negara bahkan sudah diputus.

Kebijakan Teheran ini diumumkan tak lama setelah Saudi menyatakan memutus hubungan diplomatik dengan Iran. Saudi bahkan memutus hubungan perdagangan dan penerbangan serta melarang warganya pergi ke Iran. (Baca juga:  Saudi, Yaman, Bahrain, UEA & Sudan Putuskan Hubungan Diplomatik dengan Iran).

Riyadh geram lantaran menganggap Iran tak berupaya keras untuk menahan pengunjuk rasa agar tidak menyerang gedung kedutaan besar Saudi di Teheran. (nisyi/jurnalmuslim.com)

No comments:

Post a Comment